ACTIONSCRIPT 3.0
Actionscript terdiri dari 2 kata yaitu : action (aksi) dan script
(tulisan/naskah) yang berarti tulisan/naskah yang beraksi ,Actionscript
adalah bahasa pemrograman yang digunakan di Flash. Hingga saat ini sudah
mencapai 3 versi. Action Script
adalah bahasa pemrograman yang dibuat
berdasarkan ECMAScript, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan
perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. Bahasa ini awalnya
dikembangakan oleh Macromedia, tapi kini sudah dimilki dan dilanjutkan
perkembangannya oleh Adobe, yang membeli Macromedia pada tahun 2005.
1. Actionscript
1.0 (tahun 2000 – tahun 2003) mulai dipergunakan pada Flash 5 dengan minimal -
dimainkan di Flash Player 5.
2. Actionscript
2.0 (tahun 2003 - tahun 2006) mulai dipergunakan pada Flash MX 2004 dengan
minimal dimainkan di Flash Player 7.
3. Actionscript
3.0 (tahun 2006 sampai sekarang) mulai dipergunakan pada Flash CS3 dengan
minimal dimainkan di Flash Player 9
1.
Pada Flash,
Action Script memilki beberapa fungsi dasar, antara lain :
1)
Animation :
Animasi yang sederhana memang tidak membutuhkan Action
Script, namun untuk animasi yang kompleks, Action Script akan sangat membantu.
Sebagai contoh, animasi bola yang memantul di tanah yang mengikuti hukum fisika
akan membutuhkan ratusan frame. Namun dengan menggunakan Action Script, animasi
tersebut dapat dibuat hanya dalam satu frame.
2)
Navigasi :
Pergerakan animasi pada Flash secara default bergerak
ke depan dari satu frame ke frame yang lainnya hingga selesai. Namun dengan
Action Script, jalannya animasi dapat dikontrol untuk berhenti di suatu frame
dan berpindah ke sembarang frame sesuai dengan pilihan dari user.
3)
User Input
:
Action Script dapat digunakan untuk menerima suatu
masukan dari user yang kemudian informasi tersebut dikirimkan kepada server
untuk diolah. Dengan kemampuan ini, Action Script dapat digunakan untuk
membangun suatu aplikasi web berbasis Flash.
4)
Memperoleh
Data :
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Action
Script dapat melakukan interaksi dengan server. Dengan demikian kita dapat
meng-update informasi lalu menampilkannya kepada user.
5)
Kalkulasi :
Action Script dapat melakukan kalkulasi, misalnya
seperti yang diterapkan pada aplikasi shopping chart.
6)
Grafik :
Action Script dapat mengubah ukuran sebuah grafik,
sudut rotasi, warna movie clip dalam movie, serta dapat menduplikasi dan
menghapus item dari screen.
7)
Mengenali
Environment :
Action Script dapat mengambil nilai waktu dari sistem
yang digunakan oleh user.
8)
Memutar
Musik :
Selain animasi yang berupa gerakan, pada program Flash
juga dapat diinputkan sebuah musik sehingga animasi yang dihasilkan menjadi
lebih menarik. Pada hal ini Action Script dapat digunakan untuk mengontrol
balance dan volume dari musik tersebut.
2.
Action
Script digunakan untuk mempermudah pembangunan suatu aplikasi
atau animasi. Biasanya semakin kompleks animasi pada Flash, maka akan semakin
banyak memakan frame. Dengan Action Script, penggunaan frame tersebut dapat
dikurangi, bahkan dapat membuat animasi yang kompleks hanya dengan satu frame
saja. Flash menggunakan struktur bahasa Dot Syntax. Dot atau titik (.)
digunakan untuk menunjukkan metoda atau properti yang terkait dengan objek.
3.
Objek :
Objek adalah suatu tipe data seperti suara, gambar, teks,
yang digunakan untuk mengontrol movie. Semua objek merupakan bagian dari suatu
kelas. Objek pada Flash dapat berupa gambar yang nampak , hingga sesuatu yang
abstrak (tidak nampak), misalnya tanggal, data, atau deteksi input dari mouse.
Objek dapat dikenali dan digunakan setelah terlebih dahulu diberi nama. Proses
penamaan suatu objek disebut instantiating. Selain objek yang didefinisikan,
pada Flash terdapat predefined class yang terdiri dari objek yang bisa dipakai
di dalam movie. Beberapa diantaranya, MovieClip, Color, Sound, Button, Stage,
Text Field, dan Text Format.
4.
Class dan
Function :
Pada
dasarnya Action Script adalah bahasa pemrograman yang dibangun dari class-class
yang telah dibuat oleh developer Flash. Progammer dapat menggunakan class
tersebut dengan script-script yang sederhana dan mudah untuk diingat.
5.
Berikut ini
adalah struktur penulisan class:
Class
NamaClass {
Class
body
}
6.
Pada Action
Script 3.0, class didefinisikan pada file Action Script external
berekstensi *.as. Terdapat 2 tipe class pada Action Script 3.0, yaitu :
1) Built-in
Class, yaitu class yang sudah disediakan oleh Flash. Programmer dapat
memanggilnya dalam bentuk statement yang sederhana.
2) Custom
Class, adalah class yang dibuat sendiri dengan maksud dan tujuan yang sesuai
dengan kebutuhan programmer dalam membangun suatu aplikasi.
7.
Function/fungsi adalah
kumpulan script yang mengerjakan operasi untuk tujuan tertentu. Terdapat
beberapa jenis fungsi yang dapat digunakan dalam membangun suatu aplikasi menggunakan
Action Script 3.0, yaitu :
1) Built-in
functions :
2) Named dan
user-defined functions.
3) Anonymous
functions.
4) Callback
functions.
5) Constructor
functions.
6) Function
literal.
8.
Mekanisme
Kontrol pada Objek dengan AS 3.0 :
Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan
menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini
digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah
untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.
9.
Pengaturan
Properties Objek dengan AS 3.0 :
1)
Penggunaan
perintah Trace :
Perintah Trace digunakan untuk menampilkan informasi
pada panel Output. Panel Output hanya digunakan untuk menguji jalannya program
saja, bukan sebagai tampilan utama program. Yang menjadi tampilan utama program
adalah stage kita.
2)
Pendeklarasian
Variabel :
Variabel-variabel yang akan digunakan dalam Script
kita harus dideklarasikan terlebih dahulu. Beberapa tipe variabel yang sering
digunakan antara lain: TextField, Number, String, Array, Sprite, Shape, dan
MovieClip. Kita juga dapat membuat tipe variabel sendiri berupa objek Class
untuk aplikasi kita. Perintah deklarasi variabel mempunyai bentuk umum.
Referensi:
- http://www.ahlidesain.com/
- http://primasoft.wordpress.com/2008/04/07/grafis-vektor-dan-bitmap/
- http://kbbi.web.id/tombol
- http://smkn1ktb.forumotion.com/t241-mengenal-movieclip-button-dan-graphic
- http://kusmirangames.wordpress.com/2011/01/05/pengertian_movieclip_image_dan-_botton/
- http://manifestandroid.blogspot.com/2012/11/pengertian-movieclip.html
- http://lutfilhakim17.blogspot.com/2011/04/kelebihan-kekurangan-actionscript-pada.html
0 komentar:
Posting Komentar